Setelah menyelesaikan pembayaran Anda, penyedia layanan akan memberikan link sementara bagi Anda untuk mengunggah berbagai file yang dibutuhkan dengan login ke Cpanel terlebih dahulu. Anda juga bisa menunggu hingga domain Anda sudah siap digunakan. Jika menggunakan cara yang tidak instan dalam membuat website, butuh waktu yang cukup lama untuk membuat dan mengunggah file HTML, PHP, CSS, dan database yang sudah dibuat.

Meski sewaktu mengunggahnya bisa saja menggunakan perangkat lunak seperti FileZilla yang dapat membantu Anda mengunggah file. Solusi website yang instan adalah dengan menggunakan Content Management System (selanjutnya akan disebut sebagai CMS) lewat “Fantastico De Luxe” yang disediakan di Cpanel. Fantastico De Luxe memungkinkan kita untuk melakukan penginstalan secara otomatis script yang siap pakai seperti WordPress, Joomla, Drupal, serta CMS lainnya.

Setelah memilih salah satu aplikasi yang diinginkan (worpress misalnya), Fantastico De Luxe secara otomatis akan melakukan penginstalan pada root website Anda ataupun bagian dari website lain yang Anda inginkan. Hal ini mungkin saja terjadi, semisal pada website yang memiliki subdomain “blog” di depannya. Ini bisa dilakukan untuk memisahkan konten blog dari website utama. WordPress, Joomla, dan Drupal merupakan tool yang cukup efektif.

WordPress misalnya, tidak hanya bisa dipakai untuk menciptakan website pribadi seperti blog, melainkan juga website portofolio, bahkan website berita dan juga e-commerce. Anda hanya perlu mencari theme (tema) yang tepat yang disediakan website lainnya. Theme ini ada yang disediakan secara gratis, hingga yang berharga ratusan dollar. Theme yang berbayar lebih direkomendasikan, karena Anda akan memiliki tampilan website yang tidak pasaran.

Selain itu, website Anda akan lebih aman dan mendapatkan pembaharuan secara berkala dari para developer-nya. Developer pun tidak segan-segan membantu Anda jika mengalami kesulitan ataupun masalah seperti error atau tampilan yang bermasalah. Berbeda dengan theme yang gratis, terlebih yang merupakan hasil dari pembajakan. Tema yang seperti ini, selain tidak memiliki support dari developer-nya, juga dari segi keamanan bisa diragukan. Bisa saja, theme tersebut mengandung script yang berbahaya dan menganggu keamanan website itu sendiri.