Pernahkah Anda mengintip isi majalah fesyen belakangan ini? Mungkin, di dalamnya, Anda akan menemukan gaya fesyen yang penuh akan permainan warna mencolok yang saling bertabrakan, tapi tetap sedap dipandang. Tentu saja, permainan tabrak warna ini tampak begitu menarik perhatian, membuat Anda gemas untuk memadupadankannya di tubuh Anda.

Tak hanya dalam dunia fesyen, tren ini pun merebak pula di ranah interior, khususnya interior hunian. Sanny (34) merupakan salah satu yang mencoba permainan tabrak warna ini ke dalam ruangan-ruangan rumahnya. “Habisnya, selama ini rumah saya cuma dihiasi oleh warna-warna netral. Monoton gitu. Lama-lama saya bosan. Akhirnya, saya iseng mencoba nabrak-nabrakin warna di ruang keluarga, dengan memakai bantal warnawarni dan mengganti cushion sofa,” ucap Sanny menjelaskan.

Alhasil, seperti yang terjadi pada ruang keluarga Sanny, ruangan tersebut tampak lebih segar dan ceria. Setidaknya, dalam kadar yang pas, tabrak warna ini bisa memberi “suntikan” semangat baru ke dalam sebuah rumah . Ingin mencoba eksplorasi tabrak warna ke dalam ruangan di rumah Anda? Perhatikan beberapa tip mudah berikut, yuk!

Aplikasikan Pada Furnitur Dan Aksesori Rumah

Salah satu cara paling aman apabila Anda ingin mencoba permainan tabrak warna ke dalam ruanganruangan di rumah Anda, adalah mengaplikasikannya pada furnitur dan aksesori interior yang tidak “melekat” langsung pada struktur bangunan, seperti pada kursi, meja, bantal, seprai, bed cover, pajangan, ataupun cushion. Tujuannya, agar sewaktu-waktu Anda dapat mudah menggantinya sesuai suasana hati.

Gunakan Sebagai Aksen

Untuk menerapkan warna-warna yang bertabrakan dalam interior, Anda bisa menggunakannya sebagai aksen pemeriah ruangan, di antara nuansa monokrom atau netral. Permainan tabrak warna tersebut akan menjadi focal point yang menyegarkan ruangan Anda, dibandingkan dengan penerapan kadar warna berlebih dalam sebuah ruangan. Aksen tersebut bisa berupa cushion, ataupun pajangan berwarna-warni.

Padukan Warna Pastel dengan Warna “Tebal”

Salah satu siasat menabrakkan warna yang berbeda dalam sebuah ruangan, adalah memadukan warna pastel (tone warna yang lebih tipis), dengan warna “tebal” seperti warna merah, oranye, dan sebagainya. Lumrahnya, warna pastel ini Anda gunakan sebagai warna latar atau warna dominan, lalu warna “tebal” ini Anda terapkan dengan kadar yang lebih sedikit, seperti warna biru pastel dengan kuning cerah. Alhasil, permainan tabrak warna ini pun bisa membuat mata Anda pangling. bukan?

Perhatikan Posisinya Di Lingkaran Warna

Ada baiknya, sebelum Anda mencoba “menabrakkan” warna-warna ini, Anda coba melihat posisinya dalam lingkaran warna. Usahakan agar tidak mencampurkan kedua warna yang terlihat “mati” dan gelap, seperti warna ungu dan biru tua. Cobalah untuk berani memadukan dua warna yang saling kontras dan sama-sama cerah, seperti warna merah dan kuning.

Terapkan Dalam Kadar Yang Sesuai

Alih-alih tampak segar, permainan tabrak warna yang salah malah akan membuat ruangan Anda terlihat ramai atau norak. Nah, untuk mencegah hal tersebut, terapkan permainan warna ini dalam kadar secukupnya. Maksudnya, jangan sampai Anda menggunakan warna yang lebih mencolok sebagai warna dominan, ataupun menyandingkan dua warna yang sama-sama mencolok dengan kadar berlebihan.

Selain membuat ruangan disemua rumah menjadi tampak indah dengan campuran berbagai warna warni tentunya perlu juga ditambahkan sebuah instalasi genset. Dengan adanya sebuah genset maka tidak perlu khawatir ketika terjadi pemadaman listrik dari PLN. Harga genset murah bisa didapatkan melalui toko suplier jual genset silent 500 Kva di Jogja. salah satu suplier resmi di Jakarta adalah PT. Rajawali Indo yang selalu ready stock dan memberikan harga diskon.