Pembangunan transportasi publik dan kebijakan Bank Indonesia terkait LTV (Loan to Value) diprediksi akan membuat kondisi sektor properti tanah air kembali membaik. Kondisi perekonomian makro yang sempat mengalami penurunan memang berimbas pada pertumbuhan sektor properti tanah air. Eddy Ganefo, Ketua Umum DPP Asosiasi Permukiman dan Perumahan Seluruh Indonesia (APERSI) mengungkapkan imbas yang paling terasa terjadi pada hunian kelas menengah atas (dengan harga di atas Rp 1 milyar).

Namun, menurutnya kondisi perekonomian ini tak terlalu berdampak pada tipe perumahan kelas menengah dan menengah ke bawah. Justru perumahan kelas ini banyak dicari. Di tahun 2016 mendatang Eddy optimis pertumbuhan properti akan semakin membaik. Terlebih, adanya program 1 juta rumah dan pembangunan alat transportasi massal, seperti MRT (Mass Rapid Transit) dan LRT (Light Rail Transit), akan membuat pertumbuhan properti berangsur normal.

Hal serupa disampaikan Arief Rahardjo, Senior Associate Director and the Head of Research and Advisory Department of Cushman & Wakefield Indonesia. Menurutnya, peraturan baru terkait LTV (loan to Value) yang ditetapkan oleh Bank Indonesia akan membangkitkan kembali pembelian properti. “Pada peraturan tersebut batasan maksimum LTV sebesar 80% akan ditetapkan pada transaksi kredit properti pertama, sedangkan batasan maksimum LTV sebesar 70% dan 60% masing-masing akan ditetapkan pada transaksi kredit properti kedua dan ketiga,” ujar Arief.

Ia menambahkan, tingkat pertumbuhan permintaan tahunan diharapkan dapat mencapai 3,6% di akhir tahun 2015, dan akan meningkat menjadi 3,9% di tahun 2016. Sementara itu, skala tingkat pertumbuhan pasokan tahunan diharapkan bisa meningkat sebesar 3,9% di akhir tahun 2015 dan 4,1% di tahun 2016. Dengan mayoritas pasokan yang terdiri atas segment menengah dan menengah-bawah.

Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan untuk sebuah rumah adalah genset sebagai sumber listrik alternatif. Dan untuk mendapatkan genset dengan harga yang murah bisa membelinya melalui Distributor Jual Genset Bali yang memberikan harga diskon serta garansi resmi untuk setiap pembelian unit baru.