1. Rutin Berkonsultasi Mamil (Mama hamil) harus rajin berkonsultasi ke dokter kandungan atau bidan. Saat berkonsultasi, ungkapkan segala keluhan, pertanyaan, kekhawatiran, dan lainnya. Umumnya, dokter/bidan akan menjelaskan dan mengarahkan pada hal-hal yang dialami Mamil. Jika memang ada masalah, dokter/bidan akan segera melakukan penanganan. Dengan begitu, Mamil dapat lebih memahami kondisi kehamilannya sehingga bisa lebih mengendalikan perasaannya.

2. Percaya Diri Mamil harus percaya diri bahwa ia bisa menjalani kehamilan dan persalinan dengan baik. Biasanya, Mamil yang berkonsultasi secara rutin ke dokter/bidan akan memiliki rasa percaya diri yang lebih tinggi. Percaya diri juga penting untuk memperlancar proses persalinan.

3. Ikut Kelas Senam Hamil Persiapkan persalinan dengan latihan-latihan. Misalnya, latihan pernapasan, latihan mengejan, latihan posisi, dan sebagainya yang biasanya diberikan pada kelas Senam Hamil atau kelas Relaksasi Ibu Hamil. Dengan latihan yang baik, Mamil akan lebih memahami bagaimana proses persalinan berlangsung. Selain itu, Mamil pun akan lebih percaya diri sehingga persalinan dapat berjalan lebih lancar.

4. Siap Fisik & Psikis Persalinan membutuhkan kekuatan !sik dan psikis yang cukup tinggi. Oleh karena itu, Mamil harus mempersiapkannya dengan baik. Misalnya, dengan berolahraga, sharing dengan orang yang pernah melahirkan, membaca buku, dan sebagainya. Pilihlah olahraga yang sesuai untuk kehamilan dan sharing-lah ke orang yang diyakini dapat membangun mental Mama.

5. Hindari Ketakutan Banyak pemicu ketakutan/kecemasan menjelang bersalin. Salah satunya adalah cerita tak mengenakkan dari seseorang yang pernah mengalami pengalaman traumatis saat bersalin. Sebaiknya, skip cerita-cerita tersebut. Misalnya, tidak terlalu menyimak cerita mereka, menghindar ketika seseorang akan bercerita pengalaman traumatisnya, konsultasikan pengalaman traumatis tersebut ke dokter/bidan, dan lainnya. Pasalnya, jika pengalaman traumatis tersebut membuat Mamil takut, akan berpengaruh terhadap proses persalinan. Selain itu, hindari pula ketakutan-ketakutan berlebihan seperti takut tidak mampu mengejan, takut janinnya tak selamat, takut nyeri, takut terjadi perdarahan hebat, dan lainnya.

Itulah beberapa tips agar kehamilan lebih lancar dan mengurangi rasa cemas dan sakit. Tak lupa juga simak tips untuk persiapan tes IELTS untuk anak yang akan menghadapinya. Kursus IELTS Jakarta adalah pilihan yang tepat sehingga anak mendapatkan persiapan yang matang dan percaya diri menghadapi semua soal tes IELTS tersebut.