6. Pahami Tanda-tanda Persalinan Mamil harus memahami tanda-tanda akan dimulainya proses persalinan, juga apa yang harus dilakukan jika tanda-tanda tersebut muncul. Tanda-tanda dimulainya proses persalinan, antara lain: kontraksi yang lebih sering dan kontinu, mulai muncul proses pembukaan, pecah ketuban, dan lainnya. Ketika tanda-tanda tersebut muncul, Mamil harus tenang, sigap melakukan tindakan sesuai yang diarahkan dokter/bidan, panggil orang terdekat untuk mengantar ke rumah sakit/bersalin, telepon dokter/bidan apa yang harus dilakukan, dan jangan panik karena kepanikan hanya akan membuat Mamil semakin cemas dan ketakutan sehingga sulit untuk melakukan tindakan yang benar.

7. Relaksasi Hypnobirthing Ada beberapa metode yang bisa dilakukan untuk mengurangi sakit saat bersalin. Salah satunya, relaksasi hypnobirthing. Mamil bisa menggunakan metode ini untuk mengurangi sakit saat persalinan. Berkonsultasilah ke dokter/bidan untuk melakukan latihan ini. Dari banyak Mamil yang melakukan persalinan dengan metode ini mengaku bahwa persalinannya semakin lancar dan sangat mengurangi sakit. Sebab, metode ini membuat tubuh secara otomatis bekerja dengan sangat harmonis yang membuat persalinan lebih lancar dan menyenangkan.

8. Pahami Kondisi Kehamilan Jika Mamil memiliki riwayat kesehatan yang tidak baik, maka ada beberapa hal yang perlu dilakukan sesuai riwayat penyakit tersebut. Misalnya, Mamil mengidap penyakit jantung, selain ke dokter kandungan, juga harus berkonsultasi ke dokter jantung; jika menderita diabetes, Mamil juga harus berkonsultasi ke dokter ahli penyakit dalam, dan seterusnya. Selain itu, sebaiknya Mamil memilih rumah sakit yang memiliki peralatan lengkap kegawatdaruratan supaya jika perlu penanganan intensif bisa lebih terkoordinasi dan mudah dilakukan. Kelengkapan fasilitas perawatan kegawatdaruratan setidaknya akan membuat Mamil lebih tenang.

9. Ingatlah, Punya Bayi Itu Menyenangkan, Lo! Bayangkan hal-hal menyenangkan saat nanti Mamil memiliki bayi. Misalnya, bayi mungil yang lucu, tangisan bayi yang membuah riuh suasana rumah, wajah bahagia suami, dan lainnya. Bayangan menyenangkan ini akan membuat Mamil lebih bahagia sehingga persalinan pun akan lebih lancar.