Teknologi Canggih Yang Sangat Membantu Manusia

Teknologi Canggih Yang Sangat Membantu Manusia

Teknologi Canggih Yang Sangat Membantu Manusia

Perkembangan teknologi kian memberi kemudahan umat manusia. Seperti hoverboard yang happening sebagai moda transportasi modern saat ini. Sebenarnya, hoverboard mirip Segway tapi tidak dilengkapi pegangan tangan yang merangkap sebagai kemudi dan alat bantu keseimbangan badan. Keseimbangan merupakan hal penting saat menggunakan hoverboard. Butuh waktu untuk membiasakan atau mahir menggunakan perangkat ini. Jika sudah terbiasa Anda pasti akan asik mengendarainya, karena tak perlu capai lagi berjalan.

Hingga sekarang banyak bermunculan berbagai merk hoverboard, seperti Swagway, Razor Hovertrax, IO Hawk dan di Indonesia ada Runwheel. Masing-masing memiliki spesifikasi dan harga berbeda. Bila Anda ingin mencari hoverboard harga terjangkau bisa memilih Runwheel atau mencarinya di situs belanja online.

Onewheel
Beda lagi dengan Onewheel. Ini juga hoverboard tapi bentuknya seperti papan skateboard dan memiliki satu roda saja. Lebih tepat sih disebut skateboard elektrik, yang pada bagian tengahnya terdapat satu roda lebar. Berbekal roda besar ini, Onewheel dapat melahap berbagai medan, baik jalan beraspal atau tanah bergelombang, di taman atau hutan. Onewheel bisa mencapai kecepatan hingga 24,1 km per jam dan dapat disempurnakan menggunakan aplikasi berbasis iOS dan Android. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat memilih mode sesuai karakternya, ekstrem saat pengin kecepatan maksimum di tengah hutan atau mode klasik untuk bersantai sore hari di jalanan perkotaan. Perangkat ini menggunakan baterai lithium yang membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk mengisi daya. Harganya? Sekitar 1.500 dolar Amerika atau Rp 20 jutaan.

Lexus Hoverboard
Kalau dua perangkat Hoverboard tadi memiliki roda, berikutnya ada dua Hoverboard yang tidak menggunakan roda alias melayang. Yang pertama, Lexus Hoverboard. Perangkat canggih mirip skateboard ini bisa melayang. Lexus Hoverboard ciptaan perusahaan Jepang, salah satu divisi Toyota. Apa yang membuatnya dapat melayang? Lexus Hoverboard menggunakan teknologi superconductor yang ditemukan Heike Kamerlingh Onnes seorang ilmuwan Belanda. Teknologi mutakhir ini mampu menghasilkan material yang tidak punya resistensi listrik sama sekali. Selain itu, material dasar yang digunakan tidak bisa terpengaruh oleh medan magnetik kapasitas berapapun sehingga benda ini bisa melayang di atas sebuah bidang magnetik. Sebelum dapat dikendarai, permukaan logam bagian bawah papan harus didinginkan menggunakan nitrogen cair, sehingga dapat berubah menjadi superconductor. Sayangnya, Lexus memutuskan hoverboard yang mereka buat belum untuk kepentingan komersial.

Ryno Motors
Ide kreatif sarana transportasi lain lahir dari Ryno Motors, produsen sepeda motor asal Amerika. Pabrikan ini memperkenalkan motor listrik futuristik dengan bentuk unik. Pasalnya motor ini hanya menggunakan satu roda, satu stang dan satu jok. RYNO (Ride Your New Opportunity) dibekali dua motor listrik dan 4 gyroscope. Ketika kontak dinyalakan, motor ini mampu berdiri sendiri meski hanya satu roda. Pengisian daya motor elektriknya perlu 4,5 jam untuk jarak tempuh 16 km dengan kecepatan maksimal sekitar 16 kmh/kpj. Motor canggih ini disematkan pula dengan adjustable seat, brake assist lever, parking brake, LED headlight serta shock absorser. Dengan bentuk yang mirip motor ducati terkenal dan ukuran ringkas, motor roda satu ini bisa dipakai di mana saja. Di jalanan taman kota, trotoar, pusat hiburan, atau di lorong gedung. Motor seberat 72,5 kg ini mampu dibebani hingga 118 kg.

Yanmar Genset
Semuanya sudah tau di Indonesia khususnya pada pasar genset sudah ada banyak sekali merek mesin genset yang memiliki keunggulan masing-masing. Namun dari beberapa merek tersebut yang mempunyai teknologi canggih serta desain yang menarik hanyalah mesin genset yanmar diesel solar dimana mesin canggih ini lahir dari negara Jepang. Pada seri yanmar yang paling baru, pabrikan yanmar sudah menyematkan beragam teknologi canggih yang mampu memompa mesin genset bekerja dengan maksimal dan teknologi tersebut dapat menjaga daya listrik agar tidak naik turun.